Cara Mengatasi Lelet Pada HP Android Yang Memiliki RAM Kecil

MEMPERMUDAH.ID – Menggunakan smartphone android tanpa lelet pasti sangat di sukai oleh semua pengguna android. Apalagi saat sedang menjalankan aplikasi atau sedang bermain game. Pastinya pengguna android akan sebal jika smartphone android yang mereka gunakan lelet.

 

Sebagai pengguna smartphone android yang sudah lama. Sobat juga sudah tahu bahwa faktor utama yang membuat smartphone android lelet ialah sedikitnya kapasitas ram di smartphone android. Ya semakin kecil kapasitas ram pada smartphone android akan membuat android lelet. Dan juga sebaliknya semakin besar kapasitas ram di android , maka ada kemungkinan masalah lelet pada android sangat jarang terjadi. Oleh sebab itu tidak heran bila hampir rata – rata android yang mengalami lelet ialah android yang memiliki kapasitas ram kecil.

 

Seperti topik utama kita di atas , kali ini kami akan membahas Cara Mengatasi Lelet Pada HP Android Yang Memiliki RAM Kecil. Bagi sobat yang memiliki hp android dengan kapasitas ram kecil dan mengalami permasalahan lelet pada android tersebut. Maka sobat bisa melakukan beberapa cara yang kami berikan di bawah ini. Dengan beberapa cara di bawah ini, sobat dapat mengatasi hp android yang lelet ataupun lemot.

 

Cara Mengatasi Lelet Pada HP Android Yang Memiliki RAM Kecil

 

 

#1. Memberhentikan Aplikasi Yang Berjalan di Android

 

Cara pertama yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi android lelet ialah dengan memberhentikan aplikasi sedang berjalan di android. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem android. Maka akan membuat android semakin lelet. Apalagi android milik sobat memiliki kapasitas ram yang kecil. Pasti nya sobat sangat sering mengalami lelet. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat memberhentikan sebagian aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jangan memberhentikan semua aplikasi berjalan di latar belakang sistem android. Sebab kadang ada beberapa aplikasi sistem yang memang harus tetap berjalan. Jika sobat memberhentikannya secara paksa , bisa – bisa android hang. Tapi tak ada masalah , sobat bisa mengatasinya dengan restart ulang android.

 

#2. Menghapus Sampah atau File Tidak Penting di Android

 

Percaya atau tidak bahwa setiap android pasti telah memiliki file sampah. Ya memang setiap android pasti telah memiliki file sampah. Semakin banyak file sampah di android , dapat membuat android semakin lelet atau lemot. Oleh sebab itu untuk mengatasi android lelet , sobat dapat menghapus file sampah di android. Menghapus file sampah di android sangat lah mudah , sobat bisa menghapus nya secara manual atau menggunakan bantuan aplikasi.

Baca Juga :  Cara Kembalikan Foto Galeri Android Yang Sudah Terhapus

 

#3. Hapus/Un-Install Aplikasi Android

Cara yang ketiga sobat bisa coba hapus/uninstall aplikasi android yang tidak berguna lagi. Semakin banyak aplikasi yang terinstall di android maka akan membuat android semakin lelet. Hal ini di sebab kan memberatkan ruang penyimpanan pada android. Apalagi kapasitas ram pada android sangat sedikit. Bisa di pastikan hp android akan mengalami lelet terus menerus walaupun sudah di restart.

 

#4. Kurangi Penggunaan Widget di Android

Sama seperti aplikasi , widget juga berperan penting pada android. Jika hp android sobat memakai banyak widget , jangan heran bila hp android sobat sering lelet. Sebab semakin banyak widget maka akan memperlambat kinerja sistem android. Untuk mengatasi ini sobat bisa hapus widget yang tidak penting. Saran kami jangan pasang widget di home screen android.

 

#5. Lakukan Factory Reset Android/Flash Ulang Firmware

 

Cara terakhir untuk mengatasi android lelet sobat bisa melakukan factory reset atau flash ulang firmware. Sobat semua pastinya sudah tahu apa itu factory reset android dan flash ulang firmware. Jika masih bingung, baik kami akan menjelaskannya secara sederhana. Factory data reset adalah tindakan untuk mengembalikan seluruh sistem android ke bawaan pabrik. Fitur ini dapat sobat gunakan di Pengaturan > Cadangkan/Reset > Reset Data Pabrik. Sedangkan flash ulang firmware adalah cara install ulang install ulang os android. Biasanya cara ini hanya dapat di lakukan dengan bantuan perangkat komputer.

 

Sekian dulu artikel Mempermudah.ID mengenai “Cara Mengatasi Lelet Pada HP Android Yang Memiliki RAM Kecil“. Jika ada kekurangan kami mohon di maaf. Silahkan bagikan artikel ini ke akun sosial media milik mu jika bermanfaat. Atau kamu juga dapat membaca artikel kami lainnya mengenai Kenapa Daya Baterai Smartphone Android Saya Tidak Berkurang