Cara Mengatasi Samsung Galaxy J3 Biar Tidak Lemot

MEMPERMUDAH.ID – Tak hanya pada perangkat komputer , Masalah lemot juga kerap terjadi pada smartphone android. Biasa nya masalah ini terjadi pada smartphone android yang memiliki spek kecil. Seperti memiliki kapasitas ram yang sangat kecil. Kita ketahui ram sangat berfungsi sekali terhadap kinerja sistem android. Semakin besar kapasitas ram pada android , maka akan semakin cepat kinerja sistem pada smartphone android.

 

Nah meskipun demikian , bukan hal yang biasa lagi jika smartphone android dengan spek tinggi masih mengalami lemot. Sebab masalah lemot ini adalah masalah yang wajar pada smartphone android. Selain di sebab oleh spek yang kecil , masalah lemot juga dapat di sebabkan karena umur smartphone android yang sudah tua. Mungkin saja operasi sistem pada smartphone android sudah terjaring virus. Namun itu semua tergantung smartphone android tersebut. Sebab setiap smartphone android yang lemot memiliki penyebab yang berbeda – beda. Untuk lebih jelas nya berikut ini kami berikan beberapa penyebab smartphone android lemot.

 

– Memori Internal Android Telah Penuh
– Memori RAM Android Telah Penuh
– Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi Pada Android
– Terlalu Banyak Memasang Widget Pada Android
– Android Telah Terjaring Virus
– Data Cache Android Telah Menumpuk/Penuh
– Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang
– Ponsel Android Terlalu Panas
– Sistem Android Telah Error
– Dll.

 

Itulah beberapa penyebab utama smartphone android dapat mengalami lemot. Seperti judul postingan di atas , Memang kali ini kami akan membahas Cara Mengatasi Samsung Galaxy J3 Biar Tidak Lemot. Khusus bagi sobat para pengguna Samsung Galaxy J3 yang mengalami lemot pada smartphone android sobat. Maka sobat dapat simak beberapa cara nya di bawah ini.

 

#1. Melakukan Reboot/Restart Android

 

Masalah Lemot Smartphone Android 1

Masalah Lemot Smartphone Android 1

 

Jika smartphone android sobat terasa lemot. Maka hal pertama yang dapat sobat lakukan ialah melakukan reboot/restart android. Dengan melakukan restart maka sobat sudah menghapus segala error yang ada pada os android. Sebab melakukan restart android juga akan mengulang kinerja sistem android dari awal. Sehingga kinerja os pada android akan kembali lancar atau tidak lemot.

 

#2. Uninstall/Menghapus Sebagian Aplikasi Tidak Penting

 

Masalah Lemot Smartphone Android 2

Masalah Lemot Smartphone Android 2

 

Nah cara kedua sobat dapat menghapus sebagian aplikasi tidak penting di android. Pasti nya ada sebagian aplikasi tidak berguna di android sobat. Agar kinerja smartphone android akan semakin cepat. Maka sobat juga dapat menghapus/uninstall aplikasi di android. Sebab semakin banyak aplikasi yang terinstall pada android akan membuat kinerja smartphone android semakin lemot.

 

#3. Mengurangi Beban Penyimpanan Internal

Masalah Lemot Smartphone Android 3

Masalah Lemot Smartphone Android 3

 

Memori internal adalah penyimpanan terpenting pada android. Sebab kita ketahui pada dasar nya setiap aplikasi yang terinstall di android akan di simpan di memori internal. Semakin banyak data/file yang tersimpan di memori internal. Maka akan membuat kinerja smartphone android semakin lemot. Apalagi android sudah memunculkan peringatan “ruang penyimpanan penuh”. Pasti nya smartphone android sobat akan terasa amat lemot. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah ini , sobat dapat mengurangi beban penyimpanan pada memori internal. Yakni dengan menghapus file sampah atau data tidak penting yang tersimpan di memori internal android.

 

#4. Force Close/Paksa Henti Aplikasi Yang Sedang Berjalan

 

Masalah Lemot Smartphone Android 4

Masalah Lemot Smartphone Android 4

 

Salah satu hal yang sangat sering di lakukan pengguna android ialah menimize aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang sobat minimize , maka akan semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem android. Hal buruk nya akan membuat kinerja smartphone android semakin lelet. Sebab semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang , maka akan memakan banyak penyimpanan ram. Oleh sebab itu sobat harus memberhentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang android.

#5. Menghapus Cache Menumpuk di Sistem Android

 

Masalah Lemot Smartphone Android 5

Masalah Lemot Smartphone Android 5

 

Data cache pada sistem android memang sangat di perlukan oleh pengguna android. Sebab dengan ada nya data cache pengguna android akan lebih cepat menjalankan perintah pada android. Seperti salah satu nya saat ingin menjalankan aplikasi. Pengguna android tidak perlu lagi melakukan proses dari awal. Sebab semua data sudah tersimpan di cache android. Namun perlu di ketahui juga bahwa semakin banyak data cache yang tersimpan di sistem android. Maka akan membuat android semakin lemot , oleh sebab itu untuk menghindari lemot pada android. Kita harus menghapus data cache pada android. Cara nya sangat lah mudah bisa melalui pengaturan, aplikasi clean master, atau recovery mode.

 

#6. Melakukan Factory Reset Android/Install Ulang Firmware

 

Masalah Lemot Smartphone Android 6

Masalah Lemot Smartphone Android 6

 

Jika semua cara di atas sudah di lakukan namun sobat juga belum dapat mengatasi masalah lemot pada android. Maka cara yang terakhir sobat harus melakukan factory reset android ataupun install ulang firmware. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan sobat sudah membackup semua data pada android. Sebab dengan melakukan cara ini , semua data pada android akan terhapus. Ohiya perlu sobat ketahui juga bahwa factory reset dan install ulang firmware android itu berbeda.

 

Sekian dulu artikel Mempermudah.ID mengenai “Cara Mengatasi Samsung Galaxy J3 Biar Tidak Lemot“. Sebelumnya kami mohon maaf jika ada kesalahan baik dalam penulisan atau hal lainnya. Silahkan bagikan artikel ini ke akun sosial media milik sobat jika bermanfaat. Atau sobat juga dapat membaca artikel kami lainnya mengenai Kerjakan Misi !! Dapatkan Uang Melalui Smartphone Android !!